Sabtu, 08 Oktober 2011

Peta Penggunaan Lahan

.....Peta Penggunaan Lahan.......
Peta penggunaan lahan didapatkan dari peta penggunaan lahan bersumber dari RTRW Kota Balikpapan tahun 1994-2004. Pada prinsipnya pengguaan lahan merupakan suatu aktifitas yang berpola dan bersifat menetap untuk jangka waktu tertentu. Oleh karena itu upaya pengenalan bentuk ataupun pola penggunan lahan berdasarkan informasi kenampakan yang ada pada citra maupun foto udara semata-mata tidak akan menghasilkan yang maksimal. Dengan kata lain interpretasi pengguaan lahan merupakan suatu proses yang tingkatannya lebih lanjut daripada intrpretasi penutuplahan. Jadi penggunaan lahan bukan hanya sekedar kanampakan penutup liputan lahan yang tergambarkan pada peta maupun pada citra foto udara.
Pengklasifikasian obyek kota didasarkan pada klasifikasi yang dikemukakan oleh V.F.L. Polle at al (1974). Ada tujuh klas tataguna lahan yang dikemukakan.
Pada peta penggunaan lahan kota Balikapapan dapat disimpulakan bahwa penggunaan lahan yang terdapat dikota Balikpapan berupa permukiman, industri, perkantoran/kelembagaan, perdagangan, transportasi, lahan kosong/rekreasi, lahan pertanian. Penggunaan lahan di Kota Balikpapan didomonasi oleh penggunaan lahan yang berupa lahan pertanian dengan presentasi 82,30 % seluas 408,73 km2. Sedangkan untuk penggunaan lahan yang berupa permukiman hanya dengan presentasi 10,86 % seluas 53,98 km2. Sisanya penggunaan lahan yang berupa industri dan lahan kosong/rekreasi yang masing-masing memiliki presentasi sebesar 4,44 % seluas 22,06 km2 dan 3,22 % seluas 16,01 km2. Lahan pertanian tersebar dibeberapa wilayah Kota Balikpapan sedangkan untuk permukiman terpusat pada pinggiran laut dan selat makasaar atau ditepi kota letaknya di wilayah Balikpapan tengah. Seperti halnya pada indutri, penggunaan lahan tersebut tersebar pada tepi-tepi sungai yang merupakan aksesibilitas perkembangan Kota Balikpapan yang berupa perusahan-perusahan pertamina, dan pengolahan kayu. Adapun yang termasuk daerah rekreasi antara lain kawasan wisata, lapangan golf dan lapangan olahraga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar