Google

Loading...

Sabtu, 08 Oktober 2011

Peta Kemiringan Lereng

.....Peta Kemiringan Lereng....


Kemiringan lereng merupakan faktor yang sangat mempengarui terhadap besarnya tingkat kerawanan banjir, serta drainase permukaan. Sebab secara umum dapat diketahui bahwa semakin besar kemiringan lereng suatu daerah, maka air akan semakin cepat untuk mengalirkan air. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kemiringan lereng terhadap besarnya tingkat kerawanan banjir, maka dengan meteode yang digunakan ialah membagi kemiringan lereng ke dalam enam klasifikasi. Dimana masing-masing klas memiliki harkat tersendiri. Untuk daerah yang memiliki kemiringan lereng sangat curam, maka harkat kemiringan lereng untuk daerah tersebut rendah dengan nilai harkat 0, dan sebaliknya daerah dengan kemiringan lereng rendah maka memiliki harkat kemiringan lereng yang tinggi. Dalam penelitian ini menggunakan peta kemiringan lereng Kota Balikpapan bersumber dari peta digital.
Pengklasifikasian kelas kemiringan lereng didasarkan pada klasifikasi yang dikemukakan oleh Bakosurtanal (1999 dengan modifikasi). Klasifikasi tersebut memuat klas kemiringan lereng 0-1%, klas kemiringan lereng 1-2%, klas kemiringan lereng 3-4%, klas kemiringan lereng 4-6%, klas kemiringan lereng 6-8%, klas kemiringan lereng >8%.
Kemiringan lereng diturunkan berdasarkan tingkat kerapatan pada garis kontur, yang diinterpolasikan dari titik-titik ketinggian. Dalam penelitian ini peta kemiringan lereng didapatkan dari hasil perhitungan antara klas kemiringan lereng. Klas kemiringan lereng ditentukan berdasarkan kerapatan garis kontur yang merupakan perbandingan dari nilai Countur Interval dengan jarak kedua kontur dan dikali skala dalam meter.
Tabel 12. Kemiringan Lereng
No Kemiringan Lereng(%) Luas (Km2) Presentase (%)
1 0 – 1 310,94 62,61
2 1 – 2 0,85 0,17
3 3 – 4 4,71 0,94
4 4 – 6 2,24 0,45
5 6 – 8 1,96 0,39
6 >8 175,90 35,41
Jumlah 496,62 100
Sumber: Hasil perhitungan kemiringan lereng


Gambar 4. Kemiringan Lereng

Dari hasil pembuatan peta kemiringan lereng diperoleh tabel yang berisikan luasan (km2) dan presentase (%), sebagaimana disajikan dalam tabel 12 dan gambar 3. Pada tabel dan gambar tersebut, dapat diketahui bahwa sebagain daerah kota Balikpapan didominasi oleh daerah yang datar dengan kelas kemiringan lereng 0-1 % dengan presentasi luasan area 62,61 %dan sangat curam dengan klas kemiringan lereng >8% dengan presentasi luasan area 35,41 %. Sehingga dapat dikatakan Kota Balikpapan memiliki topografi yang datar hingga sangat curam. Daerah yang datar memiliki ketinggian hingga 3 meter dpal. Karna daerah yang rendah tersebut maka Kota Balikpapan sering kali banjir pada saat hujan turun.

1 komentar:

  1. boi, nih chabib,
    nitip lapak yak.
    wwww.citrasatelit.com
    www.maps.citrasatelit.com

    BalasHapus